TUGAS 1 – Etika dan Profesionalisme TSI

08.45.00 Viranisa Amalia 0 Comments

Soal:
1. Jelaskan apa itu etika, profesi dan profesionalisme!
2. Jelaskan 4 isu-isu etika!
3. Jelaskan apa itu IT forensik dan kegunaannya!
4. Jelaskan perbedaan IT forensik, IT audit trail dan real time audit!

Jawab:
1. Pengertian etika, profesi dan profesionalisme:
-          Pengertian Etika
Pengertian Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika berkaitan erat dengan perkataan moral yang berarti juga dengan adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk. 

-       Pengertian Profesi
Profesi merupakan suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian atau keterampilan dari pelakunya.

-      Pengertian Profesionalisme                
Profesionalisme merupakan komitmen para anggota suatu profesi untuk meningkatkan kemampuannya secara terus menerus.“Profesionalisme” adalah sebutan yang mengacu kepada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota.

2. Isu-isu etika:
-     Isu Privasi: berhubungan dengan rahasia pribadi yang sering disalahgunakan oleh orang lain dengan menjual informasi kepada pihak lain untuk tujuan komersial.

-     Isu Akurasi: kebenaran informasi dan siapa yang bertanggung jawab jika ada kesalahan.

-  Isu Properti: hak cipta yang paling umum berkaitan dengan TI adalah perangkat lunak.
  
-     Isu Aksesbilitas: hak untuk mengakses informasi.

3. IT Forensik adalah cabang dari ilmu komputer tetapi menjurus ke bagian forensik yaitu berkaitan dengan bukti hukum yang ditemukan di komputer dan media penyimpanan digital.

Manfaat dari IT Forensik, antara lain:
-     Memulihkan data dalam hal suatu hardware/software yang mengalami kerusakan.

-     Dalam kasus hukum, teknik digital forensik sering digunakan untuk meneliti sistem komputer milik terdakwa (dalam perkara pidana) atau tergugat (dalam perkara perdata).

-     Meneliti suatu sistem komputer setelah suatu pembongkaran/ pembobolan, sebagai contoh untuk menentukan bagaimana penyerang memperoleh akses dan serangan apa yang dilakukan.

-     Memperoleh informasi tentang bagaimana sistem komputer bekerja untuk tujuan debugging, optimisasi kinerja, atau membalikkan rancang-bangun.

4. Perbedaan IT forensik, IT audit trail dan real time audit:
-     IT Forensics: merupakan Ilmu yang berhubungan dengan pengumpulan fakta dan bukti pelanggaran keamanan sistem informasi serta validasinya menurut metode yang digunakan (Misalnya Metode sebab akibat).

-     Audit Trail: merupakan salah satu fitur dalam suatu program yang mencacat semua kegiatan yang dilakukan tiap user dalam suatu tabel log. 


-     Real Timer Audit atau RTA: adalah suatu sistem untuk mengawasi kegiatan teknis dan keuangan sehingga dapat memberikan penilaian yang transparan status saat ini dari semua kegiatan, dimana pun mereka berada.

0 comments: