Layanan Yang Diberikan Pada Sistem Telematika

07.53.00 Viranisa Amalia 0 Comments

Nama    : Amalia Viranisa
Kelas     : 4KA39
NPM     : 10111652

Tugas 2 – Sistem Telematika

1.       Layanan apa saja yang diberikan pada sistem telematika? Berikan penjelasan anda!
2.       Berikan contoh layanan sistem telematika!
3.       Berikan kelebihan dan kekurangan dari sistem telematika!
4.       Berikan saran anda!

Layanan Sistem Telematika
Layanan Telematika merupakan layanan dial up ke jaringan internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. 
Adapun jenis-jenis layanan telematika dibagi menjadi:
1.       Layanan Bidang Informasi
2.       Layanan Keamanan
3.       Layanan Context Aware dan Event-Based Context-awareness
4.       Layanan Perbaikan Sumber (Resource Discovery Service)

1.       Layanan Bidang Informasi
Layanan Bidang Informasi adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar individu dapat menolah dan memanfaatkan informasi tersebut demi kepentingan hidup dan perkembangannya. Salah satu fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yaitu melalui internet dan telefon. Ada baiknya bila fasilitas publik untuk mendapatkan informasi terus dikembangkan, seperti Warung Telekomunikasi (Wartel) dan Warung Internet (Warnet).
Contoh: E-Commerce,vInformasi cuaca, Informasi kurs mata uang asing, Informasi berita.
Keuntungan:
Masyarakat pengguna teknologi dapat merasakan keuntungan dari perkembangan teknologi yang tersedia guna mendapatkan wawasan yang lebih untuk menunjang studi mereka.
Kerugian:
Akan menjadi dampak buruk apabila terdapat kebebasan akses yang disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

2.       Layanan Keamanan
Layanan keamanan merupakan layanan yang menyediakanan keamanan informasi dan data. Layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya. dengan kata lain layanan ini sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang.
Kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
Contoh: Penggunaan Firewall dan Antivirus, Back-up.
Keuntungan:
Tingkat keamanan lebih terjamin apabila jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, sehingga user dapat langsung menghubungi pihak berwajib dengan teknologi yang ada.
Kerugian:
Keamanan ini juga berdampak buruk jika ada oknum yang berniat jahat untuk membobol suatu sistem keamanan.

3.       Layanan Context Aware dan Event-Based Context-awareness
Layanan Context Aware dan Event-Based Context-awareness merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user.
Contoh: Vehicle Diagnostic Service, Car Insurance based on driving statistic
Keuntungan:
User mendapatkan hak privasi yang lebih tanpa harus melakukan banyak / otomatis sistem yang telah mengatur agar si pengguna tidak diganggu dalam waktu yang diinginkan si pengguna.
Kerugian:
User tidak mengetahui / akan terlambat mengetahui jika ada panggilan penting saat ia tidak ingin diganggu, seperti ia tidak tahu kalau mobilnya rusak ketika ia sedang sarapan pagi.

4.       Layanan Perbaikan Sumber (Resource Discovery Service)
Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan.  RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Contoh: Yellow pages
Keuntungan:
User dapat dengan mudahnya menemukan sesuatu yang dicarinya dalam bentuk alamat maupun nomor telepon yang tersedia dari buku yellow pages.
Kerugian:
Tebalnya buku sehingga menyulitkan user dalam pencarian yang tepat dan diharuskan mengetahui indeksnya untuk menemukan yang tepat.

Saran
Dalam hal ini perlunya sistem pemerataan dalam sistem telematika di Indonesia sehingga perkembangan teknologi dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat hingga di seluruh pelosok daerah Indonesia. Dengan adanya dukungan penyuluhan dari pemerintah mengenai pemahaman telematika akan menjadi dampak positif bagi seluruh masyarakat. Namun perlu diingat bahwa perlunya pengawasan dari pemerintah guna menghindari penyalahgunaan sistem telekomunikasi.

Sumber Referensi:
http://veny-tioanah.blogspot.co.id/2014/10/telematika-tugas-2.html 



0 comments: