Layanan Yang Diberikan Pada Sistem Telematika
Nama : Amalia
Viranisa
Kelas : 4KA39
NPM : 10111652
Tugas 2 – Sistem Telematika
1.
Layanan apa saja yang diberikan pada sistem
telematika? Berikan penjelasan anda!
2.
Berikan contoh layanan sistem telematika!
3.
Berikan kelebihan dan kekurangan dari sistem
telematika!
4.
Berikan saran anda!
Layanan Sistem Telematika
Layanan Telematika merupakan layanan dial up ke jaringan
internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi
untuk mengirimkan data.
Adapun
jenis-jenis layanan telematika dibagi menjadi:
1.
Layanan Bidang Informasi
2.
Layanan Keamanan
3.
Layanan Context Aware dan Event-Based
Context-awareness
4.
Layanan Perbaikan Sumber (Resource Discovery
Service)
1.
Layanan
Bidang Informasi
Layanan Bidang Informasi adalah penyampaian berbagai
informasi kepada sasaran layanan agar individu dapat menolah dan memanfaatkan
informasi tersebut demi kepentingan hidup dan perkembangannya. Salah satu
fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yaitu melalui internet
dan telefon. Ada baiknya bila fasilitas publik untuk mendapatkan informasi
terus dikembangkan, seperti Warung Telekomunikasi (Wartel) dan Warung Internet (Warnet).
Contoh:
E-Commerce,vInformasi cuaca, Informasi kurs mata uang asing, Informasi berita.
Keuntungan:
Masyarakat
pengguna teknologi dapat merasakan keuntungan dari perkembangan teknologi yang
tersedia guna mendapatkan wawasan yang lebih untuk menunjang studi mereka.
Kerugian:
Akan
menjadi dampak buruk apabila terdapat kebebasan akses yang disalahgunakan oleh
pihak yang tidak bertanggung jawab.
2.
Layanan
Keamanan
Layanan keamanan merupakan layanan yang menyediakanan
keamanan informasi dan data. Layanan keamanan memberikan fasilitas yang
berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang
berjalan atau beroperasi tidak seharusnya. dengan kata lain layanan ini sangat
penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau
hilang.
Kelebihan
dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
Contoh: Penggunaan Firewall dan
Antivirus, Back-up.
Keuntungan:
Tingkat keamanan lebih
terjamin apabila jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, sehingga user
dapat langsung menghubungi pihak berwajib dengan teknologi yang ada.
Kerugian:
Keamanan ini juga berdampak
buruk jika ada oknum yang berniat jahat untuk membobol suatu sistem keamanan.
3.
Layanan
Context Aware dan Event-Based Context-awareness
Layanan Context Aware dan Event-Based
Context-awareness merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui
berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user)
dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter
itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar
user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan
user.
Contoh: Vehicle Diagnostic
Service, Car Insurance based on driving statistic
Keuntungan:
User
mendapatkan hak privasi yang lebih tanpa harus melakukan banyak / otomatis
sistem yang telah mengatur agar si pengguna tidak diganggu dalam waktu yang
diinginkan si pengguna.
Kerugian:
User tidak mengetahui / akan terlambat mengetahui jika ada panggilan penting saat ia tidak ingin diganggu, seperti ia tidak tahu kalau mobilnya rusak ketika ia sedang sarapan pagi.
User tidak mengetahui / akan terlambat mengetahui jika ada panggilan penting saat ia tidak ingin diganggu, seperti ia tidak tahu kalau mobilnya rusak ketika ia sedang sarapan pagi.
4.
Layanan
Perbaikan Sumber (Resource Discovery Service)
Resource Discovery
Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan
layanan utilitas yang diperlukan. RDS juga berfungsi dalam pengindeksan
lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan
dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan
aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika
sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah,
dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Contoh: Yellow pages
Keuntungan:
User
dapat dengan mudahnya menemukan sesuatu yang dicarinya dalam bentuk alamat
maupun nomor telepon yang tersedia dari buku yellow pages.
Kerugian:
Tebalnya buku sehingga menyulitkan user dalam pencarian yang tepat dan diharuskan mengetahui indeksnya untuk menemukan yang tepat.
Tebalnya buku sehingga menyulitkan user dalam pencarian yang tepat dan diharuskan mengetahui indeksnya untuk menemukan yang tepat.
Saran
Dalam hal ini perlunya sistem
pemerataan dalam sistem telematika di Indonesia sehingga perkembangan teknologi
dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat hingga di seluruh pelosok daerah
Indonesia. Dengan adanya dukungan penyuluhan dari pemerintah mengenai pemahaman
telematika akan menjadi dampak positif bagi seluruh masyarakat. Namun perlu
diingat bahwa perlunya pengawasan dari pemerintah guna menghindari penyalahgunaan
sistem telekomunikasi.
Sumber
Referensi:
http://veny-tioanah.blogspot.co.id/2014/10/telematika-tugas-2.html
0 comments:
Posting Komentar