Sistem Transportasi Terbaik di berbagai kota dunia.

20.29.00 Viranisa Amalia 1 Comments




Pada saat warga Jakarta terjebak macet tanpa disediakan peralatan transportasi umum yang memadai, di belahan dunia lain masyarakat dilayani dengan sistem transportasi yang nyaman dan bersih.
Dengan adanya transportasi yang baik disuatu daerah akan menunjang pertumbuhan kota, faktor ekonomi, kualitas kehidupan, teknologi, serta ongkos bisnis, termasuk juga kenyamanan hidup di kota dan mobilitas penduduknya.

Jakarta, mungkin sedang mengkaji sistem transportasi umum yang nyaman dan bisa mengangkut banyak orang. Mungkin, sistem transportasi yang cepat dan nyaman adalah dambaan warga Jakarta bila dibandingkan dengan mempertaruhkan nyawa di kendaraan umum yang tidak lagi aman.

Lalu, sistem transportasi kota mana saja yang patut dicontoh agar membuat masyarakat bisa dengan nyaman memakai alat transportasi? Berikut merupakan system transportasi terbaik yang ada di dunia:

1)     Hong Kong


Sistem transportasi publik di kota ini setidaknya telah menyerap semua hal yang dibutuhkan oleh kepadatan metropolitan. Sistem transportasi Hong Kong yang disebut dengan Mass Transit Railway (MTR) ini telah membantu untuk mengurangi macet. Sistem pembayaran alat transportasi ini menggunakan kartu pintar yang disebut dengan Octopus Card.

Dengan satu kartu ini, penumpang dapat mengisi ulang untuk keperluan pembelian tiket, makanan ringan, biaya parkir, dan bermacam barang di toko. Bonus lainnya, MTR menawarkan jaringan berkualitas 3G untuk telepon genggam maupun komputer jinjing.

2)   Beijing, China


Seperti halnya kota Beijing yang merupakan ibukota Republik Rakyat China,  memiliki kesibukan yang cukup tinggi. Jumlah penduduknya sekitar 22 juta orang atau 2 x lipat penduduk jakarta. Sarana transportasi publik di sini menggunakan Subway dan Bus, ada juga angkutan umum lainnya seperti taxi dan kendaraan roda tiga.

Menggunakan subway di Kota Beijing cukup nyaman dan aman sebagai alat transportasi. Hal ini dikarenakan situasi stasiun dan kareta subway yang cukup bersih serta kedatangan kereta setiap 5 menit atau bahkan kurang dari 3 menit membuat tidak ada penumpukan penumpang di setiap stasiun walaupun pengguna subway di kota Beijing sangat padat terutama di Interchange maupun pada jam-jam sibuk.

Tiket dijual dengan harga 2 Yuan atau sekitar Rp.3.000,- dan dilakukan dengan dua cara, cara pertama langsung ke loket penjualan tiket maupun menggunakan anjungan tiket mandiri, para penumpang bisa langsung membeli di anjungan tiket mandiri tanpa harus mengantri di loket penjualan karcis.

Subway di kota Beijing memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi penumpang, hal itu disebabkan karena situasi stasiun yang bersih dan setiap penumpang sebelum pintu masuk seluruh barang bawaan penumpang diperiksa melalui X-ray.

3)    Munich, Jerman


Sistem transportasi publik di kota ini terdiri dari jalur bawah tanah yang disebut dengan U-Ban, komuter S-Bahn, Â jalur tram, dan bus. Sistem transportasi kota ini terkenal dengan efisiensinya dan bisa menjangkau ke semua tempat.


4)    Seoul, Korea Selatan


Seoul memang mempunyai sistem transportasi yang nyaman dan bisa menampung arus penumpang yang padat. Selain itu, halte stasiun kereta di Seoul dihias dengan apik sehingga menggambarkan Korea. Tak heran bila kereta bawah tanah di Seoul sering menjadi lokasi syuting drama Korea.

Selain itu di Korea menggunakan sistem pemakaian kartu transportasi. Dengan kartu transportasi ini semuanya jadi serba praktis, tidak perlu repot nyiapkan uang pas, karena disini tidak ada kondektur, dan sopir juga tidak nyedia-in uang kembalian.

Tak hanya itu saja, sistem transportasi di Seoul juga dilengkapi dengan internet nirkabel gratis (Wi Fi), tempat duduk yang nyaman dan toilet yang bersih.

5)    London, Inggris


The Tube, merupakan sebutan sistem transportasi di London, dikelola oleh kombinasi antara perusahaan swasta dan pemerintah. Sistem transportasi kota ini terdiri dari kereta bawah tanah, bis, tram, dan kereta.

Namun, sistem transportasi kota ini masih mempunyai beberapa masalah yaitu line yang relatif lambat dan tidak gampang digunakan oleh orang awam.

Nah bagus bukan? Dari beberapa transportasi diatas, tidak dapat dipungkiri bahwa, Indonesia masih jauh akan transportasi yang baik dan nyaman. Lalu kapan transportasi Indonesia akan mulai membaik? Kita tunggu di kesempatan berikutnya …..

Sumber Referensi:


1 comments:

farhan mengatakan...

kapan ya di indonesia kaya begini..