Keindahan Pulau Derawan

03.58.00 Viranisa Amalia 0 Comments




Bila kalian berwisata ke Kalimantan Timur, jangan melewatkan kunjungan pulau yang cerah dan menawan di pulau Derawan.
 
Pulau yang penuh dengan ketenangan ini terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Selain menjanjikan ketenangan, Pulau Derawan dan sekitarnya juga selalu menyediakan keindahan alamnya, baik pantai, maupun bawah laut. Pasir putih, laut yang bersih, penduduk yang ramah, dan hamparan bintang di malam hari benar-benar suatu kemewahan sendiri. 

Kawasan kepulauan ini dapat diakses dengan pesawat via Balikpapan ke Tanjung Redeb, Berau, dilanjutkan selama tiga jam mengemudi ke Tanjung Batu, kemudian naik motorboat ke Derawan.

Walaupun perjalanan terasa cukup jauh, semua hal tersebut akan terbayar seketika melihat keindahan panorama pesisir berikut perkampungan di atas air. Pepohonan kelapa yang menjulang di antara pinus casuarina tampak melambai-lambai, seakan-akan menyambut kedatangan Anda. 


Pulau yang bisa Anda jelajahi sesampainya di kawasan kepulauan ini adalah pulau Derawan. Pulau ini merupakan tempat menyelam terbaik di kepulaun ini. Spot terbaik untuk menyelam bernama Turtle Cleaning Station.


Sesuai namanya, ini adalah tempat penyu-penyu membersihkan bakteri yang menempel di kerapasnya. Lokasinya datar sampai kedalaman 15 meter. Beberapa ikan karang terlihat, begitu pula seekor penyu.

Penyelaman dilanjutkan ke Coral Garden, tempat hamparan karang yang indah bertebaran di kedalaman 15 meter. Beberapa ikan karang terlihat, begitu pula seekor penyu.

Mengenai akomodasi ke tempat ini, di sinilah barangkali masalahnya. Cost ke Derawan relatif masih tinggi, agak sukar terjangkau masyarakat ekonomi kecil, kecuali kalau rombongan yang memang sudah terprogram. Bayangkan, transportasi lokal saja, menurut Syamsul yang pengusaha angkutan di Tanjungbatu, ongkos menyeberang ke Derawan Rp 50 ribu per orang atau carter speedboat Rp 250 -- 300 ribu per sekali jalan.
Begitu pun ongkos taksi Kijang Rp 50 ribu per orang atau carterannya Rp 300 ribu per mobil, atau pulang perginya Rp 600 ribu. Walau begitu, persoalan cost ini  sepertinya tak perlu dipersoalkan kalau  Anda memang berhasrat menikmati keindahan Derawan. Sungguh, Pulau Derawan sangat menyenangkan dan mengasyikkan. 

Sumber

0 comments: